CMS

Apa Itu CMS ? Pengertian dan Manfaat CMS

Pengertian CMS dan Manfaatnya
Written by pintasku

Mungkin sobat pernah mendengar kata CMS, tapi apakah sobat tau apa itu sebenarnya CMS ? Oke kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Apa yang di Maksud  CMS ?

Apa itu CMS ?

CMS adalah singkatan dari Content Management System yang merupakan Software (Perangkat Lunak) yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama (collaborative content management). Content mengacu pada informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar maupun dalam format-format lain yang perlu dikelola dengan tujuan memudahkan proses pembuatan, pembaharuan, distribusi, pencarian, analisis, dan meningkatkan fleksibilitas untuk ditransformasikan ke dalam bentuk lain. Terminologi CMS sendiri cukup luas, di antaranya mencakup software aplikasi, database, arsip, workflow, dan alat bantu lainnya yang dapat dikelola sebagai bagian dari mekanisme jaringan informasi suatu perusahaan maupun global.

Pada umunya CMS itu terbagi atas 2 Element, yaitu :

    1. Aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA])
    2. Element CMA  memperbolehkan si manajer isi -yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language)-, untuk memenej pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster.

 

  1. Aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA]).
  2. Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si empunya situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.

Apa manfaat dari CMS tersebut ?

Manfaat CMS menurut saya sendiri adalah sebagai berikut :
  1. Website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas.
  2. Portal
  3. Galeri foto
  4. Aplikasi E-Commerce.
  5. Mengelola website pribadi / blog.
  6. Dan lain-lain.
Sebenarnya CMS sangatlah rumit, berisi ribuan file dan script yang saling bekerjasama, berpadu dengan basis data untuk menghasilkan situs web. Intinya CMS di desain dan di ciptakan oleh tenaga ahli yang mempunyai kemampuan teknis, tetapi dapat digunakan, di atur, dan dijalankan oleh orang awam, sekalipun tidak mempunyai kemampuan teknis.
Sekian Informasi yang saya bisa jelaskan tentang Apa itu CMS ? Untuk mendapatkan artikel lainnya tentang CMS silahkan kunjungi terus kami. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

pintasku

Pintasku was established since 2015. Starting from a personal blog and now turned into a group of web developers. Pintasku provides web development, hosting, and domain register services