Belajar Codeigniter

Cara Install Framework Codeigniter Di Localhost

Cara Install Framework Codeigniter Di Localhost
Written by pintasku

Pintasku – Pada tutorial sebelumnya kita sudah Mengenal Apa itu Codeigniter. Pada tutorial codeigniter sekarang kita akan mempelajari tentang cara install framework Codeigniter di localhost. Proses instalasi framework codeigniter bisa dibilang sangat mudah bahkan seorang pemula juga seperti saya bisa sangat mudah melakukan instalasi dan konfigurasi codeigniter.

Install Framework Codeigniter Di Localhost

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya untuk melakukan instalasi codeigniter itu sangatlah mudah. Kita hanya perlu menyediakan 2 hal saja, yaitu:

  1. Xampp : Aplikasi untuk membuat webserver lokal (Localhost) dimana didalamnya sudah termasuk Apache Webserver dan Mysql jadi kita tidak perlu menginstall aplikasi tersebut satu-satu. Jika didalam komputer anda belum terdapat aplikasi Xampp silahkan ikuti tutorial saya sebelumnya tentang Cara Menginstall Xampp Dan Menjalan Localhost
  2. File Master Codeigniter : File master codeigniter bisa anda download secara gratis di website resmi codeigniter di https://codeigniter.com/download

Jika kedua hal tersebut sudah terpenuhi maka sekarang kita langsung ke dalam pembahasan utama, yaitu melakukan instalasi codeigniter.

Langkah 1

Download File Master Codeigniter terlebih dahulu di website resmi codeigniter. Pada saat saya membuat tulisan ini, saya menggunakan codeigniter versi 3.1.7. Mungkin beberapa waktu kemudian akan muncul versi codeigniter terbaru.

Karena file master codeigniter yang sudah kita download di website resmi codeigniter di compress kedalam format .zip, maka kita harus mengekstraknya.

Langkah 2

Jika sudah di ekstrak maka akan muncul folder CodeIgniter-3.1.7, Anda bisa rename folder tersebut (terserah dengan nama apapun, saya sendiri menggunakan nama codeigniter) maka sekarang kita pindahkan folder codeigniter tersebut di folder htdocs yang berada di C:/xampp/htdocs/

Langkah 3

Apabila anda sudah memindahakan atau menyalin folder tersebut, maka sekarang kita akan melakukan konfigurasi awal dengan mengatur konfigurasi base url codeigniter. Silahkan buka file config.php yang berada di dalam folder application/config/config.php dengan menggunakan text editor. Silahkan cari kode dibawah ini.

Kemudian isi dengan http://localhost/codeigniter/ ( karena sebelumnya saya menggunakan nama folder codeigniter). Maka hasilnya akan seperti kode dibawah ini.

Langkah 4

Jika semua sudah dilakukan maka sekarang kita langsung mencobanya dengan cara membuka browser lalu buka url http://localhost/codeigniter, maka akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini.

Cara Install Framework Codeigniter Di Localhost

Cara Install Framework Codeigniter Di Localhost

Jika halaman tersebut muncul maka instal framework codeigniter di localhost telah berhasil dilakukan. Mungkin cukup sekian tutorial codeigniter tentang cara install framework codeigniter di localhost. Pada tutorial selanjutnya kita akan mempelajari tentang controller didalam Codeigniter. Terimakasih sudah berkunjung see you next time.

Tentang Penulis

pintasku

Pintasku was established since 2015. Starting from a personal blog and now turned into a group of web developers. Pintasku provides web development, hosting, and domain register services