CMS Tutorial Wordpress Pemula Wordpress

Cara Menginstall WordPress Di Xampp

Cara Menginstall Xampp Di WIndows
Written by pintasku

Pada kesempatan kali ini Pintasku akan memberikan tutorial tentang Cara Menginstall WordPress Di Xampp. Sebenarnya cara untuk menginstall wordpress di localhost itu bisa dibilang mudah karena kita hanya memerlukan sebuah aplikasi web server yang bisa dijalankan di komputer kita atau yang biasa disebut dengan localhost, salah satu softwarenya adalah xampp.

Apa Saja yang diperlukan ?

Untuk memulai tutorial Cara install wordpress di localhost, pastikan bahwa anda memiliki:

  1. Aplikasi Xampp
  2. File Instalasi WordPress

Jika anda belum menginstall aplikasi xampp di komputer anda, anda bisa membaca tutorial Cara Menginstall Xampp Dan Menjalankan Localhosttapi jika anda sudah menginstallnya silahkan baca kelanjutan tutorial berikut ini.

Cara Menginstall WordPress Di Xampp

1. Membuat Database

Untuk membuat sebuah database di xampp itu anda tinggal membuka browser lalu ketik url

Cara Membuat Database Di Xampp

Cara Membuat Database Di Xampp Langkah 1

Cara Membuat Database Di Xampp - 2

Cara Membuat Database Di Xampp : Langkah 2

2. Mendownload Instalasi WordPress

Silhakan anda download file instalasi wordpress di halaman resmi wordpress, yaitu wordpress.org

Cara Mendownload Instalasi WordPress

Cara Mendownload Instalasi WordPress

Jika file instalasi sudah selesai di download sekarang buka folder Xampp di komputer anda, kemudian buka folder htdocs, lalu Copy-kan file WordPress ke dalam folder ini. Supaya bisa lebih mudah silahkan buka windows explorer lalu buka C:\xampp\htdocs

Cara Menginstall WordPress di Xampp

Cara Menginstall WordPress di Xampp

*)Catatan:

Folder htdocs merupakan folder yang dipakai untuk menaruh file-file yang bisa dibuka di browser. Jika kita menaruh selain di folder ini, maka browser tidak akan bisa membukanya.

Jika file instalasi masih dalam bentuk compress atau .zip silahkan extract terlebih dahulu lalu. Ketika di extract Folder Default nya bernama wordpress. Anda bisa menggunakan nama lain seperti “Blogku” atau “Ini Aku”. Jika di akses nanti hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

3. Cara Menginstall WordPress

1. Sekarang buka web browser anda, lalu ketikan URL http://localhost/nama_folder, jika anda tidak mengganti nama foldernya maka buka httplocalhost/wordpress. Karena pada awalnya saya mengganti nama foldernya menjadi “iniaku” maka saya buka URL http://localhost/iniaku.

2. Pada halaman tersebut anda diberikan pilihan bahasa, silahkan scroll ke bawah untuk mencari bahasa indonesia tetapi anda juga bisa memilih bahasa inggris. Jika sudah dipilih maka klik tombol “Continue” atau “Selanjutnya”.

3. Pada halaman tersebut silahkan klik tombol “ayo” atau “Let’s Go”

 4. Isikan nama database (basis data)user name, dan password yang sudah Anda buat sebelumnya.  Jika anda baru install xampp maka kolom pada username (Nama Pengguna) diisikan dengan root, Sedangkan untuk password (sandi) silahkan dikosongkan saja. Lalu pada bagian Database Host (Host Basis Data) diisi dengan localhost. Jika semuanya sudah sesuai dengan instruksi lalu klik tombol Submit (Kirim).

5. Silahkan klik tombol “Run the Install” atau “Jalankan Instalasi”.

6. Silahkan isikan detail data tentang web wordpress anda.

7. Jika instalasi berjalan dengan benar maka akan muncul seperti gambar dibawah ini, dan anda sudah berhasil melakukan instalasi wordpress secara offline.

 

8. Klik “Log In” atau “Log Masuk” untuk masuk kehalaman admin untuk mengelola wordpress anda. Anda juga bisa melakukan login dengan cara membuka URL “http://localhost/iniaku/wp-admin” atau “http://localhost/wordpress/wp-admin”. Lalu anda isi semua formnya sesuai dengan apa yang anda isikan tadi.

Kesimpulan

Cara menginstall wordpress di Xampp hanya memerlukan beberapa menit saja. Anda bisa melakukan berbagai macam pengetesan atau belajar mengenai wordpress secara offline.

Jika anda punya pertanyaan yang kurang dimengerti jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar atau bisa menghubungi akun social media kami. Terimakasih sudah berkunjung.

Tentang Penulis

pintasku

Pintasku was established since 2015. Starting from a personal blog and now turned into a group of web developers. Pintasku provides web development, hosting, and domain register services