Tutorial Belajar SEO

Cara Mudah Riset Keyword Paling Ampuh

Cara Mudah Riset Keyword Paling Ampuh- Pintasku
Written by pintasku

Cara Mudah Riset Keyword Paling Jitu – Oke Postingan kali ini saya akan menjelaskan Tentang Riset Keyword atau . Mungkin sobat blogger sudah tau apa sih yang dimaksud dengan Riset Keyword itu ? dan apa Manfaat Riset Keyword itu bagi Blog atau web ? Dengan melakukan Teknik Riset Keyword ada kemungkinan halaman atau artikel yang anda tulis itu bisa menempati Posisi Pertama di Google. Oke langsung saja sekarang ke pembahasannya.

 

Apa itu Riset Keyword ?

Riset Keyword atau bisa di artikan secara harfiah menjadi “Riset Kata Kunci” Maksud dari riset keyword itu adalah Teknik dimana kita mencari Kata Kunci (Keyword) yang berpeluang tinggi untuk menjadi bahan pencarian oleh Pengunjung atau lebih tepatnya Kata Kunci (Keyword) yang sering diketikan oleh Internet User . Perlu sobat ketahui dengan melakukan Teknik Riset Keyword ini sobat bisa mengalahkan saingan saingan Blog sobat. Riset Keyword ini juga termasuk kedalam salah satu Teknik SEO, lebih tepatnya Teknik SEO On Page, karena kita melakukan Optimasi didalam Blog atau Web, dan perlu sobat ketahui juga Riset Keyword juga termasuk kedalam Strategi SEO yang paling mujarab. Hahaha
Intinya Riset Keyword itu adalah Mencari Keyword (Kata Kunci) yang sering diketikan Oleh para Internet User (Pengguna Internet) Sehingga artikel atau Blog sobat berpeluang tinggi untuk menjadi Page 1 di google. Ketika sobat akan melakukan Riset Keyword sobat akan menemuka 2 jenis keyword, yaitu :
      1. Short Keyword (Kata Kunci Pendek atau Singkat)

    Short Keyword adalah : Kata kunci yang singkat atau pendek dan biasanya Short Keyword itu terdiri dari 1 atau 2 kalimat. dan Short Keyword ini sangatlah berpeluang kecil untuk bisa menyaingi blog atau web lain. Oleh karena itu saya sarankan lebih baik jangan menggunakan short keyword, Contoh Short keyword antara lain :

      • Blogging
      • Tutorial Blogger
      • SEO
      • Tutorial SEO
      • Komputer
      • Widget Blogger
      1. Long Tail Keyword (Kata Kunci Panjang)

    Long Tail keyword adalah kebalikan dari Short Keyword yaitu keyword yang panjang dan terdiri lebih dari 2 kata. Lebih lengkapnya silahkan sobat baca pada artikel saya sebelumnya tentang :

Memahami Teknik SEO Long Tail Keyword

Bagaimana Cara Melakukan Research Keyword (Riset Keyword) ?

Nah sedangkan untuk cara melakukan Riset Keyword saya disini menggunakan bantuan Tools, Apa Saja Toolsnya ?
  1. Google Adwords: Keyword Planner
  2. Google Keyword Suggest Tool
  3. MozBar Extension

1. Google Keyword Suggest

Google Keyword Suggest disini saya menggunakannya untuk menambahkan variasi dari short keyword contohnya, saya disini menggunakan keyword “Tutorial SEO” nahh dengan menggunakan Tools ini akan menambahkan variasi. Untuk Mencari Keyword variasi itu ada banyak Toolsnya bukan hanya Tools Generator ini saja, jika sobat ingin tahu silahkan sobat baca saja artikel saya tentang : 12 SEO Tools Untuk Keyword Terbaik
Oke langsung saja ke cara menggunakan Google Keyword Suggest ini, silahkan ikuti tutorial dibawah ini.
    1. Silahkan Kunjungi situs Toolsnya disini : http://tools.seochat.com/tools/suggest-tool/
    2. Jika sudah nanti akan ditampilkan seperti gambar dibawah ini, lalu isikan seperti gambar dibawah ini.
    1. Jika sudah di isi, di kolom Search Silahkan klik Tombol “Search”
    2. Oke jika sudah di klik, nanti akan muncul deretan keyword atau kata kunci Variasi dari keyword “Riset Keyword”, silahkan lihat seperti gambar dibawah ini.
    1. Lalu sekarang anda bisa mendownloadnya atau lebih tepatnya di export, tapi lebih baik di block saja keywordnya lalu nanti di copy dan paste ke notepad dulu untuk sementara. Jika sobat lebih memilih untuk di download (Export) silahkan klik tombol seperti gambar dibawah ini.
  1. Nahh Selesai sudah, kita mencari Keyword variasi, dan sekarang kita akan masuk ke Menganalisa Tingkat Pencarian Keyword dengan menggunakan Tools Google Adwords: Keyword Planner

2. Google Adwords: Keyword Planner

Oke di atas itu tadi adalah Cara mencari Keyword Variasi dengan bantuan Google Keyword Suggest, nahh sekarang kita akan masuk ke cara Menganalisis Tingkat Pencarian Keyword dengan menggunakan Tools Google Adwords: Keyword Planner, silahkan ikuti langkah langkahnya dibawah ini.

    1. Masuk ke Situs : Google Adwords: Keyword Planner
    2. Lalu Pilih, “Get traffic estimates for a list of keywords“ dan Upload atau ditulis Keyword yg sudah sobat tadi simpan di notepad.,  Lalu klik Get Trafick
    1. Oke, sekarang kita akan mendownload data tersebut, lihatlah seperti gambar dibawah ini.
    1. Dan jangan lupa pilih format file .csv dan Klik Download
  1. Nahh sekarang silahkan dibuka oleh sobat, file .csv yang sudah di download dan silahkan dipilih pilih berdasarkan Jumlah Pencarian yang sobat inginkan.
CATATAN : Data data yang di tampilkan dari Google Keyword Planner itu tidak 100% Akurat, oleh karena itu kita harus menyeleksi setiap keyword yang ada.
Untuk Cara Menyeleksi Tingkat Persaingan saya akan post nanti dikarenakan tangan saya yang sudah pegal.
Mungkin sobat masih bertanya tanya bagaimana cara mengetahui Tingkat Persaingan Keyword yang kita cari itu berapa persen,Sekian penjelasan dari saya mengenai Cara Mudah Riset Keyword Paling Ampuh semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih.

Tentang Penulis

pintasku

Pintasku was established since 2015. Starting from a personal blog and now turned into a group of web developers. Pintasku provides web development, hosting, and domain register services