Belajar PHP

Memahami Perulangan Do-While Dalam PHP

Memahami Perulangan Do-While Dalam PHP
Written by pintasku

Pintasku – Pada tutorial belajar PHP sebelumnya kita sudah mempelajari tentang perulangan while dalam PHP. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelejari lebih dalam tentang Perulangan Do-While Dalam PHP.

Mengenal Perulangan Do-While Dalam PHP

Jujur saja sampai saat ini saya masih sangat jarang menggunakan struktur perulangan Do-while dalam PHP, karena menurut saya sendiri perulangan do-while memerlukan ekstra logika, tetapi tidak ada salahnya apabila kita belajar tentang perulangan do-while.

Pada dasarnya fungsi perulangan while dan do-while digunakan untuk melakukan perulangan apabila kita tidak mengetahui akhir dari perulangan tersebut. Perbedaan antara while dan do-while terletak pada posisi pengecekan kondisi (ekspression) perulangan.

Apabila pada struktur perulangan while pengecekan kondisi (expression) perulangan dilakukan pada awal perulangan, sehingga apabila kondisi (expression) tidak terpenuhi maka perulangan tidak akan dijalankan.

Sedangkan pada struktur perulangan do-while pengecekan kondisi (expression) perulangan dilakukan di bagian akhir perulangan. Sehingga meskipun ketika pada pengecekan kondisi (expression) mendapatkan nilai False, maka perulangan akan tetap berjalan meskipun hanya 1 kali. Silahkan perhatikan syntax dasar dari perulangan do-while dalam PHP.

Sebagai contoh sederhana perulangan do-while kita akan membuktikan bahwa perulangan do-while akan melakukan perulangan setidaknya 1 kali, meskipun nilai yang didapat dari pengecekan kondisi adalah false.

Memahami Perulangan Do-While Dalam PHP

Memahami Perulangan Do-While Dalam PHP – Contoh 1

Jika anda jalankan kode tersebut maka di browser akan muncul tulisan seperti gambar di atas. Namun apabila kita menuliskan kode tersebut dalam bentuk perulangan while, maka kodenya akan seperti dibawah ini.

Apabila kode diatas dijalankan maka browser tidak akan menampilkan apa-apa. Karena pada bagian pengecekan kodisi (expression) ($1 <= 10) sudah menghasilkan nilai false, maka perulangan akan tidak akan dijalankan.

Sama seperti perulangan while dalam penggunaan perulangan do-while kita harus memahami alur logika program yang akan dibuat, karena banyaknya perulangan ditentukan apabila kondisi (expression) sudah bernilai False, kesalahan sedikit saja bisa menyebabkan infinity loop.

Mungkin cukup sekian tutorial tentang perulangan Do-while Dalam PHP. pada tutorial belajar php selanjutnya kita akan mempelajari tentang perulangan foreach dalam PHP. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih sudah berkunjung, and see you next time.

Tentang Penulis

pintasku

Pintasku was established since 2015. Starting from a personal blog and now turned into a group of web developers. Pintasku provides web development, hosting, and domain register services