Belajar PHP

Memahami Perulangan For Dalam PHP

Written by pintasku

Pintasku – Sebelumnya kita sudah mempelajari tentang Struktur Percabangan Switch Case Dalam PHP. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari salah satu struktur perulangan yang populer dan sering digunakan, yaitu Struktur Perulangan For Dalam PHP.

 Mengenal Perulangan For Dalam PHP

Struktur perulangan (Loop) merupakan sebuah instruksi/perintah yang bertujuan untuk melakukan perulangan beberapa baris perintah. Didalam PHP terdapat berbagai macam perulangan, tetapi yang akan kita pelajari kali ini adalah Struktur perulangan for. Perulangan For dalam php biasnya digunakan apabila kita sudah mengetahui banyaknya pengulangan yang akan terjadi. Untuk membuat sebuah struktur perulangan ada 3 kondisi yang diperlukan, yaitu:

  1. Kondisi awal perulangan
  2. Perintah program yang akan diulang
  3. Kondisi akhir dimana perulangan akan berhenti

Sebagai contoh, misalnya kita akan membuat sebuah program sederhana PHP, yang akan menampilkan angka 1 sampai 10, maka penulisannya akan seperti dibawah ini.

Memahami Perulangan For Dalam PHP

Memahami Perulangan For Dalam PHP – Contoh 1

Aturan Penulisan Perulangan For Dalam PHP

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa untuk membuat sebuah perulangan for dibutuhkan 3 kondisi, yaitu kondisi awal perulangan, kondisi pada saat perulangan dan kondisi yang harus dipenuhi agar perulangan berhenti. Ada terdapat 3 cara penulisan struktur perulangan for dalam PHP, yaitu menggunakan tanda kurung kurawal (brackets) “{}”, titik dua (colon) “:” atau tanpa keduanya.

Ketika kita menjalankan sebuah fungsi perulangan for dalam PHP, maka PHP akan membaca dan mengeksekusi syntax dengan urutan sebagai berikut :

  1. PHP akan membaca start (kondisi pada saat awal perulangan). Kondisi awal digunakan untuk membuat nilai awal variable counter yang digunakan untuk mengontrol perulangan. Misalnya $i = 1
  2. Selanjutnya membaca condition, apabila kondisi mendapatkan nilai True, maka statment yang berada di dalam perulangan akan dijalankan. Jika bernilai False maka perulangan akan dihentikan
  3. Kemudian PHP akan menjalankan increment (Variable Counter). Increment berfungsi untuk memproses variable counter supaya bisa memenuhi kondisi akhir perulangan.

Sebagai contoh, kita ingin membuat sebuah perulangan untuk menampilkan angka 0-20, tetapi hanya untuk kelipatan 2, seperti 0, 2 , 4, dst sampai dengan 20. Maka berikut ini adalah cara penulisannya dalam PHP.

Memahami Perulangan For Dalam PHP – Contoh 2

Perbedaan contoh struktur perulangan di atas dengan sebelumnya terdapat pada bagian increment. Pada bagian increment saya menuliskan $i=$i+2, maka setiap perulangan akan menaik 2 angka sampai kondisi akhir terpenuhi.

Kita juga bisa mengatur perulangan dengan kondisi mundur, contohnya seperti kode php berikut ini.

Jika anda menjalankan kode di atas maka perulangan akan dimulai dari angka 2 dan pada setiap perulangan akan dikurangi angka 1 sampai kondisi akhir terpenuhi.

Infinity Loop Dalam PHP

Ketika kita membuat sebuah struktur perulangan for dalam PHP, kondisi akhir tersebut harus terpenuhi. Apabila kondisi akhir tidak pernah terpenuhi, maka perulangan akan terus berjalan selamanya. Hal tersebut dikenal dengan sebutan Infinity Loop. Seperti contoh kode berikut ini.

Jika anda menjalankan kode tersebut, maka proses perulangan akan terus berjalan selamanya. Jika kita ingin menghentikannya, kita harus menutup paksa web browser.

Nested Loop Dalam PHP

Nested Loop (Perulangan Bersarang) adalah sebuah istilah dalam bahasa pemrograman, sama halnya seperti Nested If, dimana struktur perulangan berada didalam struktur perulangan. Biasanya nested loop digunakan dalam program yang membutuhkan pengaksesan kompleks, seperti array 2 dimensi atau 3 dimensi. Perhatikan contoh kode berikut ini.

Jika anda menjalankan kode diatas maka akan menampilkan sebuah perulangan didalam perulangan. $a digunakan untuk counter perulangan didalam (Inner Loop) dan $i digunakan sebagai counter pada perulangan luar (Outer Loop).

Melewati Nilai Tertentu Dalam Perulangan

Pada saat menjalankan perulangan, terkadang pada kondisi/nilai tertentu, kita ingin melompati (skip) nilai tertentu. Maka untuk keperluan tersebut kita bisa menggunakan statement continue, Perhatikan contoh kode berikut ini.

Jika anda menjalankan kode diatas, Maka angka 5 tidak akan muncul.

Demikian tutorial mengenai Mehami Perulangan For Dalam PHP, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Pada tutorial selanjutnya kita akan mempelajari tentang Perulangan While Dalam PHP. Terimakasih sudah berkunjung See You Next Time.

Tentang Penulis

pintasku

Pintasku was established since 2015. Starting from a personal blog and now turned into a group of web developers. Pintasku provides web development, hosting, and domain register services