Belajar PHP

Memahami Perulangan Foreach Dalam PHP

Memahami Perulangan Foreach Dalam PHP
Written by pintasku

Pintasku – Setelah sebelumnya kita sudah mempelajari beberapa tentang perulangan dasar, seperti perulangan for, while dan do-while. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang Perulangan Foreach Dalam PHP.

Mengenal Perulangan Foreach Dalam PHP

Perulangan foreach merupakan perulangan khusus untuk melakukan perulangan nilai array, baik itu indexed array ataupun associative array. Selain untuk perulangan array, perulangan foreach juga bisa digunakan untuk melakukan perulangan sebuah objek (Class). Seperti yang pernah saya jelaskan pada tutorial Mengenal Tipe Data Dalam PHP, bahwa tipe data array terdiri dari key dan value. Key adalah ‘posisi’ dari array sedangkan value adalah ‘nilai’ dari array. Perhatikan contoh tipe data array dibawah ini.

Pada contoh di atas, value dari array adalah ‘Januari’, ‘Februari’, ‘Maret’, ‘April’. Karena nilai key tidak kita definiskan maka key array secara default dimulai dari 0, yaitu 0,1,2,3. Kita juga bisa menuliskan array dalam bentuk seperti dibawah ini.

Contoh kode array di yang pertama dan kedua sama saja. Jika kita sudah memahami key dan value pada array sekarang kita akan langsung saja pada struktur perulangan foreach dalam PHP.

Struktur perulangan foreach dalam PHP memiliki format dasar seperti berikut ini.

Keterangan :

  • $array adalah nama variabel array yang sudah kita definisikan dan akan kita gunakan.
  • $value adalah nama variabel perantara yang mewakili nilai/data dari array yang terdapat pada $array. Kita bebas memberikan nama untuk variabel perantara ini, tetapi pada umumnya menggunakan nama $value, $val, atau $v.

Sebagai contoh silahkan perhatikan contoh kode berikut ini.

pada contoh di atas array $bulan dengan format singkat, yaitu tanpa mendefinisikan key secara tertulis. $val merupakan variabel perantara. Kita juga bisa memasukan nilai key kedalam struktur perulangan foreach dengan cara menggunakan format ke 2 dari perulangan foreach, maka berikut ini adalah format dasar penulisannya.

Perbedaan antara format penulisan foreach sebelumnya adalah kita memasukan $key yang berfungsi sebagai variabel perantara untuk key dalam array. Perhatikan contoh kode berikut ini.

Pada contoh kode diatas saya mendefinisikan variabel array $bulan dengan menuliskan array key yang dimulai dari angka 1 kemudian pada perulangan saya menggunakan $key sebagai variabel perantara untuk array key dari $bulan. Sedangkan $val saya gunakan sebagai variabel perantara dari nilai array $bulan.

Nah mungkin cukup sekian tutorial belajar php tentang perulangan foreach dalam PHP. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Tutorial Selanjutnya kita akan belajar tentang Function Dalam PHP. See You Next Time.

Tentang Penulis

pintasku

Pintasku was established since 2015. Starting from a personal blog and now turned into a group of web developers. Pintasku provides web development, hosting, and domain register services