Belajar PHP

Memahami Perulangan While Dalam PHP

Memahami Perulangan While Dalam PHP
Written by pintasku

Pintasku – Jika sebelumnya kita sudah mempelajari tentang Struktur Perulangan For Dalam PHP, maka pada tutorial kali ini kita akan mempelajari tentang Perulangan While Dalam PHP.

Mengenal Perulangan While Dalam PHP

Perulangan While merupakan bentuk perulangan yang paling sederhana didalam PHP. Perulangan while biasanya digunakan ketika kita tidak mengetahui berapa kali perulangan akan dilakukan.

Menurut Wikipedia, Perulangan While Loop merupakan statment control dimana kode akan dijalankan berulang kali berdasarkan kondisi terntentu. Perulangan While juga bisa di ibaratkan statement IF yang dijalankan berulang kali.

Sebagai contoh perulangan while dalam PHP, kita akan membuat sebuah program sederhana seperti kode berikut ini.

Jika anda menjalankan kode tersebut maka akan muncul perulangan angka 1 sampai dengan 10, dimana setiap perulangan akan ditambah 1 angka.

Aturan Penulisan Perulangan While Dalam PHP

Seperti yang terlihat pada contoh sebelumnya, perulangan while didalam PHP terdiri dari 2 komponen, yaitu kondisi yang terpenuhi untuk proses perulangan dan statement yang akan diproses secara berulang. Penulisan struktur perulangan while dalam PHP bisa menggunakan tanda kurung kurawal (brackets) “{}”, titik dua (colon) “:” atau tanpa keduanya.

Jika kode diatas dijalankan, maka PHP akan memeriksa berdasarkan urutan sebagai berikut:

  1. Condition (Kondisi) merupakan kondisi yang harus terpenuhi ketika perulangan berlangsung. Selama kondisi perulngan bernilai True maka perulangan akan terus dilakukan. Kondisi tersebut akan selalu di periksa pada setiap perulangan, maka ketika kondisi hasilnya sudah menjadi False proses perulangan akan berhenti.
  2. Statement adalah kode program yang akan diulang. Kita bisa menggunakan statement echo untuk menampilkan program sederhana atau program yang lebih rumit. Pada Bagian statement juga kita harus membuat sebuah statement yang berfungsi untuk menghentikan perulangan. Misalnya pada bagian condition (kondisi) kita menggunakan $i sebagai variable counter, maka dibagian statement harus ada program yang berfungsi untuk membuat condition bernilai False. Jika kita tidak menerapkan hal tersebut, maka perulangan tidak akan pernah berhenti (Infinity Loop).

Kelebihan penggunaan colon

Penggunaan tanda titik dua (colon) “:” dan di akhiri dengan tanda “endwhile” akan sangat berguna bagi kita supaya bisa lebih mudah mengidentifikasi akhir dari statement perulangan while. Jika dibandingkan dengan tanda kurung kurawal “{}”, terutama ketika kode yang kita tulis sangat panjang.

Nested Loop dalam perulangan While

Meskipun struktur perulangan while, sangat jarang digunakan untuk penggunaan nested loop. Tetapi anda juga tetap bisa membuat perulangan bersarang dengan perulangan while. Perhatikan contoh kode berikut ini.

Melewati nilai tertentu dalam perulangan while

Kita juga bisa melewati nilai tertentu dalam perulangan while yang sedang berjalan. Untuk melakukannya kita hanya perlu menggunakan keyword continue, perhatikan contoh kode berikut ini.

Jika anda menjalankan kode diatas, maka angka 5 tidak akan ditampilkan.

Demikian tutorial belajar PHP pemula tentang Memahami Perulangan While Dalam PHP, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Pada tutorial selanjutnya kita akan mempelajari tentang Struktur Perulangan Do While. Terimakasih sudah berkunjung

Tentang Penulis

pintasku

Pintasku was established since 2015. Starting from a personal blog and now turned into a group of web developers. Pintasku provides web development, hosting, and domain register services