CMS Tutorial Wordpress Pemula Wordpress

Mengenal Admin Panel WordPress

Mengenal Admin Panel Wordpress
Written by pintasku

Pada tutorial sebelumnya kita sudah belajar mengenal tentang Perbedaan wordpress.com dan wordpress.org. pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari cara mengelola CMS WordPress bagian pertama yaitu mengenal admin panel wordpress. Jika anda belum melakukan instalasi wordpress.org silahkan anda lakukan instalasi wordpress baik itu menggunakan localhost ataupun live server (hosting), tetapi jika kalian menggunakan layanan wordpress.com mungkin akan ada beberapa menu yang tidak ada seperti menu plugins.

Mengenal Admin Panel WordPress

Sebelum ke pembahasan utama, silahkan anda login terlebih dahulu ke dalam halaman admin panel wordpress kalian, yaitu dengan mengetikan url websiteanda.com/wp-admin, maka akan muncul halaman login seperti gambar dibawah ini.

Langkah-1_MelakukanLogin Kehalaman Admin WordPress

1 – MelakukanLogin Kehalaman Admin WordPress

Jika halaman login sudah terbuka, kemudian silahkan isikan username/email dan password anda ketika pertama kali install wordpress. Kemudian

Catatan : Jika anda mencetang tanda “Send me installation instructions via email” ketika install wordpress maka anda akan mendapatkan detail login wordpress anda ke email.

Jika anda lupa mengenai username/email dan password yang anda gunakan ketika melakukan instalasi wordpress, anda bisa melakukan reset via email atau anda bisa mengikuti tutorial berikut ini

  • Cara Mengatasi Lupa Password WordPress

Setelah berhasil melakukan login, maka anda akan langsung diarahkan kedalam halaman admin panel wordpress, seperti pada gambar berikut.

Mengenal Halaman Admin Panel Di WordPress

2 – Mengenal Halaman Admin Panel WordPress

Halaman awal wordpress atau biasa di sebut dengan halaman dashboard merupakan sebuah halaman rangkuman, biasanya disini menjelaskan secara singkat apa saja yang ada di dalam wordpress, pada halaman ini juga ada beberapa widget seperti widget Activity, Widget Event dan berita dari wordpress.org dan informasi update versi wordpress terbaru.

Perhatikan pada gambar sebelumnya, disana saya sudah memberikan tanda pada masing – masing bagian, karena setiap bagian memiliki fungsi tersendiri, yaitu :

Bagian 1 Admin Tool Bar

Mengenal Halaman Admin Panel Di WordPress - Tool Bar

Bagian (1) adalah admin tool bar biasanya disini terdapat beberapa shortcut yang bisa anda gunakan untuk mempercepat mengelola website anda, seperti:

  1. Logo WordPress = Berisi link / tautan mengenai wordpress seperti dokumentasi, tentang, forum wordpress, dan feedback
  2. [Judul web anda] = Nama website dan link menuju website tersebut. Text ini akan berbeda
    – beda tiap website bergantung dari nama website.
  3. Komentar = Menunjukkan jumlah komentar yang ada pada website.
  4. New = Membuat post, media, page, user baru.
  5. Update = Menunjukan informasi update versi wordpress terbaru
  6. Howdy, [username anda] = Menunjukkan user yang sedang login, terdapat link untuk halaman edit profile dan logout (keluar).

Bagian 2 Admin Menu

Bagian (2) merupakan menu admin panel, dimana didalam menu tersebut anda bisa mengelola website wordpress anda, setiap menu memiliki fungsinya tersendiri, berikut ini adalah fungsi dari masing masin menu tersebut.

Mengenal Halaman Admin Panel Di WordPress - Admin Menu

Mengenal Halaman Admin Pane WordPress – Admin Menu

Bagian 3 Admin Dashboard

Mengenal Halaman Admin Panel WordPress - Halaman Dashboard

Mengenal Halaman Admin Panel WordPress – Halaman Dashboard

Pada saat pertama kali masuk ke dalam admin panel wordpress kita akan berada di halaman dashboard. Halaman dashboard berfungsi untuk menampilkan log aktivitas pada website seperti post terbaru, komentar terbaru, dll. Halaman dashboard juga berfungsi menampilkan berbagai menu umum seperti “write your first blog post” untuk membuat post baru. Pada bagian atas halaman dashboard terdapat navigasi Screen Options yang berisi kotak – kotak centang yang berfungsi untuk menampilkan menu yang dicentang.

 

Sekian tutorial yang bisa saya jelaskan kali ini, pada tutorial selanjutnya kita akan mempelajari bagaimana cara mengelola postingan artikel di wordpress, see you later!

Tentang Penulis

pintasku

Pintasku was established since 2015. Starting from a personal blog and now turned into a group of web developers. Pintasku provides web development, hosting, and domain register services