Belajar Codeigniter

Mengenal Apa Itu Framework Codeigniter

Written by pintasku

Pintasku – Pada tutorial kali ini Pintasku akan membahas salah satu Framework PHP, yaitu codeigniter. Tetapi kali ini kita akan mempelajari lebih tentang Apa itu Framework Codeigniter, Bagaimana cara kerja Framework Codeigniter dan siapa yang membuat framework codeigniter.

Apa itu Framework Codeigniter?

Framework atau dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan “Kerangka Kerja”. Framework didalam dunia pemrograman merupakan sebuah kumpulan fungsi-fungsi dan prosedur-prosedur serta class-class dengan tujuan tertentu yang sudah siap digunakan. Framework berfungsi untuk mempermudah dan mempecepat kerja seorang programmer dalam membuat sebuah aplikasi tanpa harus membuat sebuah fungsi atau class dari awal.

Framework Codeigniter merupakan sebuah aplikasi yang bersifat opensource yang digunakan untuk membuat sebuah aplikasi dengan bahasa pemrogaman PHP. Codeigniter menggunakan konsep MVC (Model, View, Controller) dalam membangun aplikasi website dinamis. Hal tersebut akan mempermudah kinerja para programmer dalam membuat aplikasi website dinamis. Selain ringan dan cepat, codeigniter juga memiliki dokumentasi manual yang sangat lengkap. Oleh sebab itu banyak orang yang memilih codeigniter sebagai framework dasar. Bahkan pembuat PHP Ramus Lerdorf memuji Codeigniter pada acara frOSCon (Agustus 2008) bahwa dia menyukai Codeigniter karena “it is faster, lighter and the least like a framework.”

Sejarah Singkat Codeigniter

Framework Codeigniter  diciptakan oleh Rick Ellis dan pertama kali dipublikasi pada tanggal 28 Februari 2006. Dengan menggunakan sebuah logo api yang menyala. Dengan menggunakan Framework Codeigniter para programmer web profesional dapat membangun hampir semua jenis website dinamis atau aplikasi apa saja yang mereka inginkan.

Namun pada tanggal 9 Juli 2013, EllisLab mengumumkan bahwa mereka sedang mencari pemilik baru untuk Codeigniter karena didalam internal EllisLab sudah mulai tidak fokus untuk terus mengembangkan codeinigter. Akhirnya pada tanggal 6 Oktober 2014, pengembangan codeigniter berpindah tangan kepada British Columbia Institue of Technology, salah satu sekolah tinggi teknologi di Kanada.

Cara Kerja Framework Codeigniter

Codeigniter – Application Flow Chart

Codeigniter – Application Flow Chart

  • Index.php berfungsi yang berfungsi sebagai kontrol halaman depan. File index.php menginisialisasi semua resource yang diperlukan untuk menjalankan halaman situs.
  • Routing berfungsi untuk memerika setiap request HTTP dan melakukan apa yang seharusnya dilakukan terhadap request tersebut.
  • Apabila terdapat Cache maka sistem akan mengirimkan cache tersebut secara langsung ke browser tanpa harus mengikuti proses yang seharusnya dilakukan. File Cache tersebutlah yang membuat aplikasi mudah dibuka
  • Sebelum file controller di load keseluruhan, HTTP request dan data yang masuk atau dimasukan oleh user akan di periksa terlebih dahulu melalui Security.
  • Kemudian Controller akan membuka file model, core, libraries, helper dan semua resources yang dibutuhkan dalam program tersebut.
  • View berfungsi untuk me-render hasil yang sudah di olah controller dan mengirimkannnya ke web browser. Apabila pada file view sudah terdapat cache maka file view baru yang belum ada cache akan mengupdate view yang sudah ada.

Demikian tutorial codeigniter pemula tentang Mengenal Apa itu Framework Codeigniter, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Pada tutorial codeigniter pemula selanjutnya kita akan mempelajari tentang Routing Dalam Codigniter. Terimakasih sudah berkunjung, see you next time.

Tentang Penulis

pintasku

Pintasku was established since 2015. Starting from a personal blog and now turned into a group of web developers. Pintasku provides web development, hosting, and domain register services