Belajar PHP

Mengenal Apa Itu Variabel Dalam PHP

Mengenal Apa itu Variabel Dalam PHP
Written by pintasku

Pintasku – Sebelumnya kita sudah mempelajari tentang Aturan Dasar Syntax PHP, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang Mengenal Apa itu Variabel Dalam PHP dan Bagaimana cara Membuat sebuah variabel dalam PHP.

Apa itu Variabel Dalam PHP?

Menurut wikipedia, variabel merupakan suatu lokasi penyimpanan (di dalam memori komputer) yang berisikan nilai atau informasi yang nilainya tidak diketahui maupun telah diketahui.

Secara sederhana Variabel dalam php merupakan sebuah kode program yang berfungsi untuk menyimpan data sementara. Data yang ada didalam sebuah variabel bisa disimpan kedalam sebuah database atau di proses kembali.

Sama seperti variabel yang terdapat di bahasa pemrograman lainnya, variabel didalam PHP bisa digunakan untuk menampung data inputan dari user atau data yang kita difinisikan sendiri. Aturan pembuatan variabel didalam PHP juga berbeda dengan aturan yang terdapat pada bahasa pemrograman lainnnya.

1. Penggunaan Tanda $

Untuk membuat sebuah variabel didalam PHP harus diawali dengan tanda dollar “$”. Setelah diawali dengan tanda “$” maka harus diikuti dengan sebuah karakter huruf atau tanda underscore “_”, kemudian anda bisa menggunakan huruf atau angka ketika 2 hal tersebut sudah dipenuhi. Minimal sebuah variabel memiliki panjang 1 karakter (tidak termasuk dengan tanda $).  Berikut ini adalah contoh pembuatan variabel dalam PHP yang benar.

Berikut ini adalah contoh pembuatan variabel yang salah dalam PHP.

2. Case Sensitif

Seperti yang sudah kita pelajari sebelumnya pada tutorial Aturan Dasar Penulisan Syntax PHP, bahwa ketika pembuatan variabel PHP akan membedakan antara huruf besar dan huruf kecil (Case Sensitif), sehingga variabel $nama dan $Nama memiliki arti yang berbeda. Oleh karena itu saya sarankan untuk selalu menggunakan huruf kecil ketika sedang menuliskan sebuah kode supaya bisa menghindari kesalahan tersebut.

3. Tidak Memerlukan Deklarasi Terlebih Dahulu

Jika sebelumnya anda pernah mempelajari bahasa pemrograman seperti C dan C++, kita harus mendeklarasikan terlebih dahulu variabel-variabel yang akan digunakan. Jika didalam PHP kita bebas mendeklarasikan variabel baru di tengah tengah program dan langsung bisa digunakan.

Jenis Jenis Variabel Dalam PHP

Didalam Bahasa Pemrograman PHP, variabel dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Variabel Local

Variabel local merupakan variabel yang di deklarasikan didalam sebuah fungsi dan kita hanya bisa menggunakannya didalam fungsi tersebut. Berikut ini adalah contoh penggunaan variabel local didalam fungsi.

2. Variabel Global

Variabel Global merpakan variabel yang di deklarasikan diluar sebuah fungsi, ketika kita ingin menggunakan variabel tersebut kita hanya perlu menambahkan keyword “global” didalam fungsi yang dibuat. Berikut ini adalah contoh penggunaan variabel global didalam PHP.

3. Variabel Static

Variabel static merupakan variabel yang akan menyimpan nilai akhirnya. Pada umumnya variabel akan dalam suatu fungsi akan mengembalikan (return) nilainya. Maka ketika kita menggunakan variabel static nilai akhir tersebut tidak akan dikembalikan (return) ke nilai awal. Supaya bisa lebih mengerti silahkan perhatikan contoh kode berikut ini.

Sekian Tutorial Belajar PHP tentang Mengenal Apa Itu Variabel Dalam PHP Semoga tutorial ini bisa bermanfaat dan berguna untuk semuanya. Pada tutorial selanjutnya kita akan mempelajari tentang Mengenal Konstanta Dalam PHP. See You Next Time

Tentang Penulis

pintasku

Pintasku was established since 2015. Starting from a personal blog and now turned into a group of web developers. Pintasku provides web development, hosting, and domain register services