CMS Tutorial Wordpress Pemula Wordpress

Mengenal Apa itu WordPress ?

Mengenal Apa itu Wordpress - Cover
Written by pintasku

Blog Pintasku – Pada Tutorial Belajar WordPress Pemula bagian pertama, kali ini kita akan mempelajari tentang Apa Itu WordPress ?. Bagi seorang blogger pemula mungkin masih belum tau, saya sendiri mengenal wordpress itu sekitar 6 tahun yang lalu, dan saya sendiri juga memiliki pertanyaan yang sama seperti kalian, yaitu Apa itu WordPress ?

Apa itu WordPress ?

WordPress adalah sebuah aplikasi (software) yang sangat populer untuk membuat sebuah website, baik itu website untuk sebuah blog pribadi, Toko Online, perusahaan, dll.

Awal Mula WordPress

WordPress pertama kali hadir pada tanggal 27 Mei 2003, Sebagai sebuah aplikasi pengembangan dari sebuah aplikasi untuk blogging yang bernama b2/cafelog yang dibuat oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Awalnya wordpress hanya berfokus sebagai aplikasi media blog pribadi, dimana konten webnya diurutkan berdasarkan kronologis. Akan tetapi seiring perkembangaanya wordpress berubah, yang pada awalnya wordpress hanya digunakan sebagai platform blogging, sekarang wordpress menjadi sebuah aplikasi CMS yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam website, baik itu website toko online, perusahaan, pemerintahaan, dll.

Saat ini WordPress termasuk kedalam sebuah kelompok aplikasi yang disebut dengan CMS (Content Management System). Apa itu CMS ? CMS adalah sebuah sistem untuk mempublikasikan, mengedit, memodifikasi dan mengorganisasikan konten secara terpusat. Dalam hal ini konten yang dimaksud adalah sebuah isi yang ada pada sebuah website, seperti postingan, gambar, video dan lain lain.

Apakah kita bisa membuat sebuah website tanpa harus menggunakan CMS? Bisa, kita bisa membuat sebuah website tanpa harus menggunakan wordpress, asalkan kita sudah menguasai tentang Web Programming, seperti HTML, CSS, PHP, Javascript, sQL, dll. Tutorial Belajar Web Programming yang disediakan di Blog Pintasku, sudah bisa membimbing anda untuk bisa membuat sebuah website sederhana tanpa harus menggunakan Aplikasi CMS. Namun kebanyakan orang tidak memiliki waktu luang untuk mempelajari tentang Web Programming tersebut, belum lagi dengan kompleksitas yang di perlukan untuk mengorganisasikan ratusan konten yang nantinya ada didalam website.

Oleh karena hal itu, beberapa web programmer mulai membuat aplikasi yang bisa membantu siapapun untuk membuat sebuah website tanpa harus mengerti tentang kode-kode program.

Selain wordpress ada banyak CMS lain yang bisa digunakan untuk membuat sebuha website, baik itu yang berbayar ataupun yang gratis, seperti joomla, drupal dan lain lain. Karena kemajuan teknologi yang sangat pesat CMS juga dikategorikan berdasarkan keperluannya, anda bisa membuat sebuah Toko online dengan menggunakan CMS Prestashop, Magento, dan lai lain. Silahkan anda baca tentang Mengenal apa itu CMS

Sejarah Singkat WordPress

Sejarah awal mula pembuatan wordpress berawal dari Matt Mullenweg yang pada saat itu masih menjadi seorang pengguna aktif dari aplikasi b2, mengetahui bawha proses pengembangan aplikasi b2 dihentikan oleh pembuatnya yaitu Michel Valdrighi. Sehingga membuat Matt Mullenweg merasa sayang kalau pengembangan b2 dihentikan.

Pada tahun 2002, Matt Mullenweg yang biasa menulis blog di b2 (bbpress.org), memiliki sebuah ide untuk mengembangkan blogware sendiri, namun mengikuti standar web dengan struktur yang baik. Keinginan tersebut semakin kuat di tahun 2003, dimana Matt Mullenweg mengajak salah seorang temannya yang bernama Mike Little untuk mulai mengembangkan wordpress yang pada akhirnya pembuatan dari b2 sendiri, yaitu Michel Valdrighi bergabung bersama mereka. Sehingga pada tanggal 27 Mei 2003.

Perkembangan WordPress

Setelah dirilisnya wordpress versi pertama pada tanggal 27 Mei 2003, kemudian pada bulan Desember 2003, WordPress Wiki atau yang biasa dikenal dengan codex.wordpress di publikasikan. Sehingga membuat popularitas WordPress meningkat dengan cepat. Pada bulan Januari 2004 WordPress melakukan update besar-besaran dan menambahkan beberapa fitur tambahan seperti edit link, multiple category, dan tampilan halaman admin yang lebih baik dari versi sebelumnya. Pada bulan Mei 2004, dimana saat perilisan WordPress 1.2. WordPress memperkenalkan beberapa fitur baru seperti arsitektur plugin terbaru, sistem moderasi komentar, serta post revew. Karena popularitas wordpress yang sangat meningkat dengan pesat, membuat tahun 2005 menjadi tahun yang bersejarah bagi wordpress, dimana wordpress 1.5 telah di unduh sebanyak 900 ribu kali, serta memulai service layananannya melalui wordpress.com

Kenapa Harus Menggunakan WordPress ?

Dari sekian banyaknya CMS yang ada, kenapa kita harus menggunakan CMS WordPress ? Karena wordpress merupakan CMS yang paling populer dan memiliki banyak fitur yang sangat membantu dalam membuat sebuah website. Bahkan menurut statistik data yang saya ambil dari BuiltWith.comWappalyzer.comW3tech.comSimilarTech, bahwa wordpress adalah wordpress yang sangat banyak sekai digunakan.

Mengenal Apa itu WordPress - Data Pengguna WordPress 2017

Mengenal Apa itu WordPress – Data Pengguna WordPress 2017

Dari segi pengalaman memang WordPress memiliki keunggulan karena sudah ada sejak tahun 2003 dan sekarang sudah memasuki veri ke 4.9. WordPress sendiri sekarang sudah memiliki ribuan plugin yang bisa anda dapatkan secara gratis dan mudah, sehingga bisa membantu anda dalam membuat berbagai macam fitur yang sangat menarik. Tidak hanya itu saja wordpress juga memiliki komunitas yang sangat banyak di dunia, sehingga ketika anda memiliki sebuah masalah dengan website anda, anda hanya tinggal mencari dan bertanya di forum wordpress sendiri.

Tentang Penulis

pintasku

Pintasku was established since 2015. Starting from a personal blog and now turned into a group of web developers. Pintasku provides web development, hosting, and domain register services