Belajar CSS

Mengenal dan Memahami Apa itu CSS ?

Mengenal dan Memahami Apa itu CSS
Written by pintasku

Mengenal dan Memahami Apa itu CSS ? – Sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang Apa itu HTML nahh sekarang saya akan menjelaskan Apa itu CSS ? HTML dan CSS itu seperti saudara karena biasanya setiap ada kode HTML dalam sebuah Halaman atau Page disana selalu ada CSS, jadi CSS itu sangatlah penting bagi pemograman web karena dengan adanya CSS kita bisa mendesain setiap kode HTML menjadi lebih bagus. Oke Back to Topick, mungkin sobat pastinya ada yang sudah tau ataupun ada yang belum Tentang Pengertian CSS dan Cara Menggunakannya, Oleh karena itu Blog Pintasku akan Menjelaskannya sekarang.

Apa Itu CSS (Cascading Style Sheet) ?

CSS merupakan kepanjangan dari Cascading Style Sheet yaitu salah satu kode pemrograman yang bertujuan untuk menghias dan mengatur gaya tampilan/layout halaman web supaya lebih elegan dan menarik.
CSS ini adalah sebuah teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996. Awalnya, CSS dikembangkan di SGML pada tahun 1970, dan terus dikembangkan hingga saat ini. CSS telah mendukung banyak bahasa markup seperti HTML, XHTML, XML, SVG (Scalable Vector Graphics) dan Mozilla XUL (XML User Interface Language).

CSS Pertakali diperkenalkan pada tahun 1996 oleh W3C memperkenalkan CSS level 1 atau juga dikenal CSS1 yang mendukung format, warna font teks, dan lain-lain. Kemudian, Mei 1998, W3C menerbitkan CSS2 yang di dalamnya diatur fungsi peletakan elemen. Dan sekarang, W3C telah memperbaiki dan meningkatkan Kemampuan CSS2 ke  CSS3.

CSS digunakan oleh web programmer dan juga blogger untuk menentukan warna, tata letak font, dan semua aspek lain dari presentasi dokumen di situs mereka. Saat ini, hampir tidak ada situs web yang dibangun tanpa kode css.

Sebagai blogger, Anda juga harus tahu apa itu CSS dan bagaimana menggunakannya agar mudah untuk merancang blog anda. Kode CSS membuat pembaca blog kita menjadi nyaman dan betah berlama-lama di blog kita sehingga visitor kitapun meningkat. Namun, itu semua tergantung bagaimana kita menggunakannya sehingga bisa memikat pengunjung.

Dasar Dasar Penulisan CSS

Untuk Pemula atau bagi sobat yang baru tau itu diwajibkan mengetahui apa yang namanya :

1. Selector
Selector adalah bagian atau elemen yang ingin kita atur stylenya.
2. Properti
Properti adalah komponen yang kita butuhkan
3. Deklarasi
Deklarasi adalah bagian yang berada didalam “{  }” yaitu properti dan nilai.
4. Nilai/Values
Nilai/value adalah nilai dari deklarasi yang kita inginkan

Jika masih bingung silahkan pahami dalam contoh dibawah ini.

Keterangan :
body adalah sebagai Selector
background-color adalah Properti
white adalah Nilai/value

Sekian Penjelasan saya tentang Mengenal dan Memahami Apa itu CSS Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk semua, terimakasih telah mengunjungi Blog Pintasku

Tentang Penulis

pintasku

Pintasku was established since 2015. Starting from a personal blog and now turned into a group of web developers. Pintasku provides web development, hosting, and domain register services