CMS Tutorial Wordpress Pemula Wordpress

Mengenal Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Perbedaan wordpress.com dan wordpress.org - Tutorial Belajar Wordpress Pemula
Written by pintasku

Sebelumnya kita sudah mempelajari tentang Cara Menginstall WordPress Di Xampp , pada Tutorial Belajar WordPress Pemula kali ini kita akan mempelajari tentang Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org. Bagi seorang blogger pemula, mungkin mereka belum tahu bahwa wordpress memiliki dua versi, yaitu versi wordpress.org dan wordpress.com?. Nah pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari mengenai kedua hal tersebut.

Apa itu WordPress.com?

WordPress.com adalah sebuah layanan blogging instant gratis dengan menggunakan platform CMS WordPress yang digunakan oleh jutaan orang di dunia.  Karena gratis wordpress.com memiliki keterbatasan dari segi penggunaan dan fitur yang dimiliki. Hanya dengan melakukan registrasi anda bisa langsung bisa membuat sebuah website.

Apa itu WordPress.org?

WordPress.org merupakan sebuah software (aplikasi) open source, yang digunakan untuk membuat sebuah website dan sudah digunakan oleh jutaan orang di dunia. Tetapi untuk menginstallnya kita memerlukan sebuah webhosting dan sebuah domain sendiri agar bisa menggunakannya.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

1. Biaya

Jika anda memang baru belajar (pemula) tentang wordpress, maka jawaban terbaik adalah kalian bisa menggunakan wordpress.com. Karena WordPress memberikan paket gratis yang bisa anda gunakan dan kapasitas yang diberikannya juga lumayan besar, yaitu 3Gb, dan kalian juga bisa mendapatkan domain sub domain .wordpress.com, jika kalian menemukan sebuah blog yang menggunakan sub domain .wordpress.com, berarti menggunakan layanan wordpress.com untuk mengganti sebuah domain di wordpress.com maka anda harus meng upgrade paket yang anda pilih menjadi personal dengan biaya $ 2.99 perbulan

Tetapi jika anda menggunakan wordpress.org maka kalian harus menyiapkan dahulu sebuah web hosting beserta domainnya dan proses instalasinya juga berbeda dengan wordpress.com, keunggulan dari menggunakan wordpress.org kalian bisa menentukan sendiri domain dan spesifikasi hosting yang ingin kalian gunakan. Hargga sebuah web hosting bisa dibilang lumayan murah dimulai dari 15,000 per bulan bahkan sampai ratusan ribu perbulan tergantung spesifikasi yang anda pilih.

2. Fitur

Berdasarkan fitur perbedaan wordpress.com dan wordpress.org adalah dari segi kebebasan mengelola website anda. Jika anda menggunakan wordpress.com maka kalian tidak akan bisa menambahkan custom plugin dan custom theme bahkan akses FTP juga tidak bisa.

Berbeda dengan wordpress.org yang membebaskan anda dalam mengelola website anda baik itu dari segi desain, tema, plugins, konten bahkan performa website. Tetapi kekurangan dari kebebasan tersebut, anda harus mengelola semuanya itu sendiri.

3. Keamanan dan Maintenance

Tingkat keamanan dan perawatan sebuah website adalah sebuah masalah penting, tetapi hal ini biasanya kadang sering dilupakan oleh pemilik website.

Jika kalian menggunakan wordpress.com maka kalian tidak usah risau memikirkan tingkat keamanan website atau blog anda karena pihak wordpress akan menjamin perawatan backup dan kemanan website anda. Bahkan website anda terjamin selalu up-to-date dan selalu terawat dengan baik.

Namun jika anda menggunakan wordpress.org maka anda yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap semua aspek yang berhubungan dengan website yang anda buat, termasuk masalah maintenance dan tingkat keamanan website anda. Ada banyak plugin tambahan yang bisa anda tambahkan kedalam website, mulai dari perlindungan dari spam, malware, bahkan plugin untuk membuat backup data dari website anda.

Kesimpulan

Kedua versi dari wordpress ditunjukan untuk dua kubu yang berbeda. Jika anda seorang pemula dan tidak ingin repot tentang perawatan website anda maka wordpress.com adalah layanan yang baik untuk anda karena anda hanya tinggal memikirkan tentang mengisi konten website anda saja.

Tetapi jika anda adalah orang yang serius dan ada memiliki basic tentang web programming dan ingin membuat sebuah website professional maka anda sebaiknya menggunakan wordpress.org

Tentang Penulis

pintasku

Pintasku was established since 2015. Starting from a personal blog and now turned into a group of web developers. Pintasku provides web development, hosting, and domain register services